Trustycopywriter's Blog

Aman Bepergian Bersama Si Kecil | 02/10/2011

Bepergian bersama si kecil di akhir pekan ataupun hari libur lainnya tentu sangat menyenangkan. Apalagi, setelah sekian hari Anda menghabiskan waktu untuk mengurus pekerjaan di kantor. Hari libur sangat tepat untuk relaks sambil mendekatkan diri dengan buah hati.

 

Saat bepergian bersama si kecil, banyak hal yang harus lebih diperhatikan dengan seksama oleh kita untuk menjaga keamanan si kecil. Jangan sedikit pun lengah, karena anak-anak biasanya belum mengerti akan bahaya. Jadi, sebaiknya kitalah yang lebih berhati-hati dalam menjaga si kecil.

1. Ketika berada di dalam mobil misalnya, sebaiknya pasangkan sabuk pengaman jika ia duduk sendiri. Jangan lupa periksa kerapatan pintu, lalu kunci semua pintu sebelum Anda berangkat. Ingatkan si kecil untuk tidak menyandarkan tubuhnya ke pintu atau memainkan handle pintu, karena berbahaya.

2. Hindari meninggalkan si kecil sendirian di dalam mobil, saat mesin dalam keadaan hidup maupun mati. Sekalipun, si kecil bersama pengasuhnya. Bisa saja, ia bermain-main dengan power window yang bisa menyebabkan tangannya terjepit. Atau si kecil bermain-main di dalam mobil, lalu tanpa sengaja menyenggol rem tangan dan operan gigi masuk sehingga mobil berjalan. Apalagi jika mobil Anda parkir dalam posisi menanjak.

3. Hindari meninggalkan si kecil yang sedang tertidur di dalam mobil dalam kondisi mesin menyala dan semua jendela tertutup rapat. Apalagi, jika ditinggal untuk waktu lama. Gas karbonmonoksida yang berasal dari saluran pembuangan mesin dapat terhirup oleh si kecil yang masuk dari sela-sela badan mobil sehingga dapat berakibat fatal-kematian. Lebih baik gendong si kecil yang masih tertidur ke tempat tujuan Anda, meskipun agak repot. Tetapi, lebih aman bagi si kecil.

4. Jika Anda pergi dengan si kecil menggunakan sepeda motor. Biasakan mengenakan helm pada si kecil, meskipun jarak tempuhnya dekat. Letakkan juga si kecil di posisi yang aman. Misalnya meletakkan si kecil di depan Anda, jika Anda hanya pergi berdua dengannya. Jadi, jika si kecil tertidur, ia tetap aman karena berada dalam pengamatan Anda.

5. Ketika berada di tempat parkir, saat turun dari mobil sebaiknya si kecil tetap berada di dekat Anda. Kalau perlu gendong saja. Jangan biarkan ia berlari begitu turun dari mobil, karena berbahaya jika tiba-tiba ada kendaraan yang lewat.

6. Saat berjalan di tempat yang banyak lalu lalang kendaraan, sebaiknya Anda gandeng si kecil di sisi sebelah dalam, sedangkan Anda di sisi sebelah luar atau sisi yang terpapar langsung dengan kendaraan yang lalu lalang.

7. Begitu pula saat menyeberang jalan. Kebanyakan orang tua tanpa sadar menggandeng daripada menggendong anaknya yang masih berusia di bawah lima tahun. Coba perhatikan, anak tersebut belum dapat menyesuaikan kecepatan langkahnya saat menyeberang. Apalagi, koordinasi geraknya belum sebaik anak yang berusia di atas lima tahun. Alhasil, si kecil terpaksa terseret-seret untuk mengikuti kecepatan langkah orang tuanya saat menyeberang. Tak jarang, sandal atau sepatu si kecil terlepas  dan orang tuanya terpaksa kembali untuk mengambilnya dengan penuh resiko. Padahal, dengan menggendong si kecil, segala resiko yang berakibat fatal dapat dihindari. Si kecil pun aman berada dalam gendongan Anda saat menyeberang.

8. Sama halnya ketika Anda menyeberang bersama anak di atas lima tahun.  Perhatikan, Anda sebaiknya berada pada posisi melindungi anak dari kendaraan. Jadi, ketika menyeberang sebaiknya Anda dulu yang maju sambil menggandeng anak. Bukan sebaliknya, anak yang maju terlebih dahulu baru disusul oleh Anda. Atau anak Anda berada di posisi yang terpapar dengan kendaraan, sementara Anda berada di posisi yang aman. Seolah-olah Anda berlindung dibalik anak Anda.

 

Sebagai orang tua, sebaiknya lebih waspada terhadap bahaya yang mengintai buah hati Anda. Berhati-hati lebih baik daripada berakibat fatal. Acara jalan-jalan Anda bersama Si kecil pun dapat lebih aman dan menyenangkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Posted in Parenting

Leave a Comment »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: