Trustycopywriter's Blog

Seni Mengatasi Amarah Anda Pada Anak | 08/08/2010

Mendidik seorang anak sedari kecil tidaklah mudah. Bahkan ketika kita sudah menasehatinya berkali-kali pun belum tentu mereka mau mendengar. Apalagi, anak usia balita  belum mengerti sama sekali tentang banyak hal. Terkadang kekesalan dan amarah muncul saat anak-anak kita tidak mampu menangkap pesan atau apa yang kita larang. Tangisan bayi atau balita yang sangat rewel sekali pun bisa membuat amarah kita tersulut. Ada bayi berumur 4 bulan yang dibanting ayahnya dan akhirnya meninggal dunia karena kesal anaknya tersebut menangis terus. Ada juga orang tua yang terlalu marah dan memukuli kedua tangan anaknya hingga cacat seumur hidup hanya karena anak tersebut menggores mobil baru yang dibeli oleh ayahnya. Ketika kemarahan memuncak, seringkali kita menjadi makhluk mengerikan yang lepas kontrol dan dapat menyakiti anak yang kita cintai. Oleh karena itu, ketika Anda kesal:

1. Segera menghindar dari hadapan anak untuk sementara waktu hingga emosi Anda mereda.

2. Tarik nafas dalam-dalam ketika Anda merasa kekesalan mulai memuncak. Beri oksigen banyak pada otak Anda agar merespon kemarahan Anda dengan berpikir positif.

3. Ketika marah kita sering menjadi tidak rasional. Anak yang kita cintai menjadi tersakiti karena dicubit, dipukul, dicaci maki hingga mendengar teriakan keras Anda. Padahal, kita bisa menasehati mereka dengan lebih manusiawi dan cara yang baik.

4. Oleh karena itu, ketika Anda merasa amarah mulai tersulut, Anda harus tetap berpikir rasional. Jangan biarkan emosi lebih mendominasi daripada pikiran rasional Anda.

5. Jangan biasakan bertindak kasar pada anak ketika Anda marah.


Posted in Parenting

Leave a Comment »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: